Bukit Lawang Wisata Alam Review Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Bukit Lawang merupakan destinasi wisata alam yang cukup populer di daerah Sumatera Utara. Wisata di Medan yang satu ini memang kerap kali dikunjungi para wisatawan yang datang, baik dari dalam maupun luar negeri.

Tempat wisata di Medan yang satu ini juga sering loe kenal dengan nama Puncak Lawang. Apa saja yang ada di Puncak Lawang? biar loe nggak penasaran, simak review gue tentang Bukit Lawang Wisata Alam berikut ini.

Sejarah Bukit Lawang

Sejarah-Bukit-Lawang
Sejarah Bukit Lawang

Sebelum menjadi wisata Taman Nasional Gunung Leuser, Puncak Lawang dulunya merupakan sebuah tempat yang khusus untuk merehabilitasi primata orang utan. Awalnya sebuah organisasi dari Swiss memprakarsai kawasan ini sebagi pusat penangkaran orang utan.

Hingga pada tahun 1984, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) secara resmi menjadikan Puncak Lawang sebagai Biosfer dan Taman Warisan ASEAN.

Puncak Lawang merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Gunung Leuser, yang merupakan sebuah tempat rehabilitasi bagi primata orang utan, mulai dari penangkaran hingga dapat beradaptasi ke alam bebas.

Terdapat anggota tim yang memang punya peran penting buat menjaga kelestarian primata yang satu ini. Anggota tim tersebut bertugas untuk menyelamatkan para orang utan yangg hampir punah dan mengajarkan utan cara bertahan hidup di alam liar.

Setelah orang utan yang mereka bina tadi bisa beradaptasi, baru deh perlahan-lahan mereka lepas liar ke alam bebas. Sehingga jumplah primata yang satu ini tidak punah dan jumlahnya bisa tetap terkontrol.

Pusat rehabilitasi ini resmi tutup pada 2002 lalu. Namun dalam prosesnya, tetap ada anggota tim yang bertugas meninjau dan mengontrol, serta menyupliai makanan bagi primata yang satu ini.

Wisata Bukit Lawang Terbaru

Wisata-Bukit-Lawang-Terbaru
Wisata Bukit Lawang Terbaru

Berlokasi di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, wisata alam Puncak Lawang ini sangat ramai dengan para wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing.

Ketinggian wisata alam Puncak Lawang ini antara 100-700 mdpl dan punya vibes yang cukup sejuk karena hampir semua arenya merupakan sebuah kawasan hutan. Jadi buat loe yang pengen ke sini dan nggak tahan dingin, mending bawa jaket sob.

Sehingga kawasan wisata di Medan yang satu ini cocok nih buat loe yang pengen healing, atau sejenak melepas penat dan melupakan hiruk pikuk kemacetan kota.

Tiket Masuk Bukit Lawang Terbaru

JenisHarga
HTM Weekday DomestikRp 5.000
HTM Weekday MancanegaraRp 150.000
HTM Weekend DomestikRp 7.500
HTM Weekend MancanegaraRp 225.000
Biaya Berkemah UmumRp 5.000/hari
Biaya Berkemah RombonganRp 2.500/hari

Apa Saja Yang Ada di Wisata Bukit Lawang

Nah, buat loe yang pengen tau apa aja yang ada di Wisata Bukit Lawang,yuk simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Kawasan wisata konservasi hewan & tumbuhan langka

kawasan-wisata-konservasi-hewan-&-tumbuhan-langka
Kawasan wisata konservasi hewan & tumbuhan langka

Yang menjadi daya tarik utama dari Puncak Lawang adalah adanya kawasan rehabilitasi bagi primata orang utan. Loe tau sendiri kan kalau primata yang satu ini populasinya emang sudah sangat langka, sehingga perlu dilestarikan.

Kawasan rehabilitasi tersebut memiliki iklim dan suasana yang sangat cocok bagi primata orang utan. Sehingga loe nggak perlu heran kalau nanti bakalan sering ngeliat primata yang satu ini.

Dan nggak cuma orang utan aja, ada juga hewan-hewan lainnya seperti gajah, harimau, ular, badak, dan hewan-hewan liar lainnya. Jadi loe juga harus hati-hati. Jangan jalan sendiri, kalau bisa tetap bareng pemandu wisatanya.

Selain itu, kawasan rehabilitasi juga merupakan salah satu tempat rehabilitasi bunga Rafflesia Arnoldi yang merupakan salah satu tumbuhan langka di dunia.

Beragam aktivitas outdoor yang seru

Beragam-aktivitas-outdoor-yang-seru
Beragam aktivitas outdoor yang seru

Saat berkunjung ke tempat wisata di Medan yang satu ini, loe nggak cuma liat hutan dan berinteraksi dengan hewan atau tumbuhan langka aja, tapi loe juga bakal menemukan berbagai kegiatan aktivitas air yang sangat seru.

Salah satunya adalah river tubing yang mirip arung jeram. Bedanya, kalo river tubing menggunakan ban sebagai perahu yang dikaitkan satu sama lain. Ini sih asik, dan asik buat seru-seruan bareng temen-temen.

Dan buat loe yang pengen nyoba river tubing, loe cuma perlu membayar sekitar Rp50.000-Rp75.000/orang, buat ngerasain keseruan olahraga air yang satu ini.

Pemandian Bukit Lawang

Pemandian-Bukit-Lawang
Pemandian Bukit Lawang

Selain buat olahraga air, aliran sungai yang panjang di kawasan wisata Bukit Lawang ini juga dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai sebuah tempat pemandian.

Karena, pada bagian hulunya terdapat sebuah air terjun yang cantik dengan air yang cukup sejuk dan nyegerin. Cocok buat loe yang pengen update postingan di sosial media seperti instagram.

Loe bisa merasakan suasana mandi di sungai dengan kesegaran air yang langsung dari alam.

Bertualang ke goa kelelawar

Bertualang-ke-goa-kelelawar
Bertualang ke goa kelelawar

Berkunjung ke tempat wisata di Medan yang satu ini. loe nggak cuma di ajak buat nyobain wisata air dan liat pohon-pohon aja. Karena di Bukit Lawang ini, loe juga bisa menikmati suasana bertualang ke Goa Kelelawar.

Loe bakal ditemenin sama pemandu wisata buat bertualang ke sebuah goa yang dipenuhi dengan kelelawar. Loe tenang aja karena kelelawarnya nggak gigit, soalnya pada ngantuk kalo siang.

Penginapan Bukit Lawang Ecolodge

Penginapan-Bukit-Lawang-Ecolodge
Penginapan Bukit Lawang Ecolodge

Buat menunjang para wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung, pihak pengelola kawasan wisata konservasi Bukit Lawang juga telah nyiapin penginapan bagi para pengunjungnya.

Penginapan Bukit Lawang Ecolodge ini terasa cukup aesthetic. Soalnya penginapan yang satu ini punya desain bangunan yang unik. Selain itu dekorasi dan pernak pernik yang ada di dalamnya juga keren-keren lho.

Jadi buat loe yang udah seharian bertualang ke berbagai spot yang ada di kawasan wisata di Medan yang satu ini, loe tinggal menginap aja di Penginapan Bukit Lawang Ecolodge ini buat melepas lelah.

Rute ke Puncak Lawang & Lokasi

Rute-ke-Puncak-Lawang-Lokasi
Rute ke Puncak Lawang & Lokasi

Buat loe belum tau, sebenarnya rute menuju Puncak Lawang cukup simple kok. Loe tinggal mulai dari Jl. Tol Belmera terus ke Tj. Mulia, lanjut ke Jl. Veteran, – Jl. Tol Medan Binjai, terus ke Jl. Megawati, – Jl. Lintas Sumatera, lanjut ke Jl. Sutomo, – Jl. HOS Cokroaminoto, – Jl. Jend Ahmad Yani, – Jl. Gatot Subroto, – Jl. Merdeka, – Jl. Binjai, dan sampai deh di Bukit Lawang.

Lokasi Bukit Lawang yaitu di Jl. Orangutan, Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20852. Loe bisa juga gunakan map yang udah ge sediain berikut ini :

Jam Operasional

Sedangkan untuk jam operasional kawasan wisata alam Puncak Lawang ini yaitu setiap hari Senin – Minggu mulai dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore.

Demikianlah review gue tentang Bukit Lawang Wisata Alam yang berlokasi di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ini. Semoga informasi yang ada di dalamnya bermanfaat, dan sampai juma lagi di review gue selanjutnya.