Kawah Sikidang Dieng Tarif Tiket Masuk Terbaru Dan Sejarahnya

Kawah Sikidang Dieng merupakan sebuah objek wisata alam di Wonosobo yang cukup populer. Kawasan wisatu ini selalu ramai dengan para wisatawan yang pengunjung.

Wisata Jateng yang satu ini bakal ngasih loe hamparan sebuah kawah aktif dengan sebuah telaga air panas berukuran kecil, yang selalu mendidih.

Buat loe yang berencana mengunjungi wisata di Banjarnegara yang satu ini, ada baiknya loe simak dulu review gue berikut ini.

Karena, gue bakal ngasih loe info tentang ulasan Kawah Sikidang, sejarah Kawah Sikidang, hingga harga tiket masuk Kawah Sikidang terbaru. Berikut review tentang Kawah Sikidang selengkapnya.

Wisata Kawah Dieng Wonosobo – Sikidang

Wisata-Kawah-Dieng-Wonosobo-Sikidang
Wisata Kawah Dieng Wonosobo – Sikidang

Kawah Sikidang Wonosobo merupakan sebuah keajaiban alam yang bisa loe saksikan dengan mata telanjang. Hamparan tanah kawah yang kaya dengan sulfur dan berbagai mineral ada di sini.

Loe bakal melihat sebuah kawasan kawah yang terbentuk alami oleh hasil dari fenomena letusan gunung berapi yang terjadi betahun-tahun yang lau.

Loe nggak usah khawatir ketika berkunjung ke sini. Soalnya pihak pengelola kawasan wisata Kawah Sikidang setempat, telah menyediapkan berbagai sarana dan prasana yang menunjang kenyaman pengunjung.

Selain itu, biar lebih safety, gue saranan loe buat pake masker. Soalnya kawasan Kawah Sikidang bakal ngeluarin uap belerang pas lagi aktif-aktifnya.

Kalaupun misalnya loe nggak bawa masker buat perlengkapan, loe bisa beli masker tersebut dekat pintu masuk kawasan wisata yang satu ini.

Dan loe tau nggak, Kawah Sikidang yang ada saat ini tuh sebenarnya menyimpan sejarah yang belum banyak orang tau. Berikut ini sejarah Kawah Sikidang Wonosobo.

Baca Juga : Harga Gazebo Wisata Merci Medan Terbaru

Sejarah Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

Sejarah-Kawah-Sikidang-Dieng-Banjarnegara
Sejarah Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

Alkisah pada zaman dulu kala, hiduplah seorang gadis cantik bernama Shinta Dewi. Kecantikannya ini membuat Shinta Dewi menjadi sangat terkenal hingga ke berbagai wilayah. Banyak pemuda yang mencoba untuk meminangnya, namun belum ada yang sanggup karena Shinta Dewi meminta sejumlah maskawin yang sangat banyak.

Berita tentang kecantikan Shinta Dewi pun sampai juga ke telinga pangeran muda yang kaya raya bernama Kidang. Sang pangeran memiliki perawakan yang unik, yaitu bertubuh manusia namun memiliki kepala menyerupai kijang. Sehingga orang-orang memanggilnya Pangeran Kidang.

Mendengar persyaratan sang gadis berupa mas kawin yang banyak, sang pangeran pun setuju, lalu mengutus pengawalnya untuk menemui Shinta Dewi untuk melamarnya. Shinta Dewi pun lalu menerima lamaran sang pangeran, karena dia mengira sang pangeran pun tentu saja seorang yang rupawan.

Namun betapa terkejutnya Shinta Dewi ketika melihat perawakan sang Pangeran Kidang ini. Sang gadis pun bingung karena telah menerima lamaran Pangeran Kidang sebelumnya. Dia pun berpikir bagaimana caranya untuk bisa membatalkan lamaran pangeran tersebut.

Sang gadis kemudian memohon kepada sang pengeran untuk membuat sebuah sumur yang besar, karena masyarakat sangat kesulitan mendapatkan air. Sang gadis mengatakan bahwa sumur ini hanya pangeran sendiri yang boleh membuatnya, tidak boleh menggunakan bantuan pengawal.

Mendengar permohonan tersebut, sang pangeran berpikir bahwa mungkin hal ini untuk menunjukan keseriusannya pada sang gadis. Dia pun setuju untuk membuat sumur seorang diri. Dengan penuh semangat, sang pangeran pun mulai menggali sumur tersebut dengan tangan serta tandunknya.

Melihat hal ini, Shinta Dewi semakin khawatir kalau pangeran berhasil membuat sumur tersebut. Dia lalu meminta warga untuk beramai-ramai menimbun tanah galian sumur tersebut saat pangeran sedang berada di dalamnya. Dalam waktu singkat, sang pangeran terkubur hidup-hidup di dalamnya.

Merasa kecewa, sang pengeran pun akhirnya marah. Amarah dari sang pangeran inilah yang akhirnya membuat tanah tersebut menjadi kawah Sikidang yang kita kenal hingga saat ini.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng Terbaru

Harga-Tiket-Masuk-Kawah-Sikidang-Dieng-Terbaru
Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng Terbaru

Pihak pengelola kawasan wisata kawah yang satu ini mematok tarif tiket masuk yang sangat murah. Sehingga wisatawan yang datang dari semua kalangan dapat menikmati kawasan wisata yang satu ini.

Harga tiket masuk Kawah Sikidang Dieng terbaru sebesar 20ribu rupiah. Harga tiket masuk Kawah Sikidang tersebut belum termasuk parkir kendaraan berupa motor 2ribu rupiah dan 5rb rupiah untuk mobil.

Selain menikmati pesona Kawah Sikidang ini, loe juga bisa menikmati Candi Arjuna yang lokasinya masih satu kawasan dengan Kawah Sikidang.

Berita baiknya, harga tiket masuk Kawah Sikidang tersebut sudah termasuk dengan harga tiket masuk Candi Arjuna. Jadi loe bisa menikmati dua objek wisata sekaligus dalam satu kawasan yang sama.

Baca Juga : Review Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor dan Penginapan

Fasilitas Kawah Sikidang

fasilitas-kawah-Sikidang
Fasilitas kawah Sikidang

Keindahan kawasan wisata Kawah Sikidang rupanya memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga tak heran kalau kawasan wisata yang satu ini selalu ramai dengan wisatawan lokal dan asing.

Oleh karena itu, pihak pengelola kawasan wisata Kawah Sikidang udah nyiapin berbagai fasilitas yang menujang segala aktivitas loe di sini. fasilitas tersebut antara lain :

  • Kawasan parkir yang luas
  • Pusat cindramata & oleh-oleh
  • Penjualan perlengkapan seperti masker
  • Beragam wahana bermain
  • Mushola yang terawat
  • Toilet yang bersih

Dengan adanya berbagai fasilitas tersebut yang akhirnya dapat membantu mengakomodasi segala kegiatan liburan loe saat mengunjungi kawasan wisata Kawah Sikidang.

Baca Juga : Kolam Renang Go Wet Tiket Promo 2023

Daya Tarik Kawah Sikidang

Daya-Tarik-Kawah-Sikidang
Daya Tarik Kawah Sikidang

Alasan kenapa banyak wisatawan lokal dan asing senang untuk mengunjungi kawasan wisata Kawah Sikidang adalah karena kawasan wisata yang satu ini memiliki beberapa daya tarik yang spesial.

Dan tentunya daya tarik dari kawasan satu ini nggak akan loe jumpai di berbagai kawasan wisata lainnya. Berikut ini daya tarik kawasan wisata Kawah Sikidang :

Punya wahana bermain seru

Kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng memiliki berbagai wahana seru bagi para pengunjungnya. Dan wahana-wahana tersebut cukup memacu adrenalin bagi siapa saja yang memainkannya.

Ada wahana seperti menaiki motor trail. Buat loe yang suka motoran, sepertinya wahana yang satu ini cocok buat loe. Loe bisa mengendarai motor trail sembari melintasi kawasan wisata yang satu ini.

Selain itu, ada juga wahana flying fox. Wahana yang satu ini sih cocok buat loe yang suka dengan olahraga yang memacu adrenalin. Loe juga bisa berkuda untuk berkeliling di sini.

Tapi loe nggak perlu takut. Karena sebelum mencoba wahana yang memacu adrenalin ini, para petugas berpengalaman bakal dampingin loe sembari ngasih arahan sebagai tindakan safety first.

Banyak spot foto yang instagramable

Hal kedua yang membuat mengapa kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng ini menarik adalah karena di kawasan wisata yang satu ini memiliki banyak spot foto instagramable.

Loe bisa bebas berfoto di jembatan atau di sekitar Candi Arjuna yang ada di kawasan ini. Sehingga loe tetap bisa eksis lewat sosial media saat sedang liburan.

Merebus telur di Kawah Sikidang

Merebus-telur-di-kawah-sikidang
Merebus telur di Kawah Sikidang

Dan yang paling menarik dari kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng ini adalah merebus telur. Mungkin kegiatan ini kedengaran biasa aja buat loe, tapi loe bakal takjub dengan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Soalnya, orang-orang di sini bakal merebus telur dengan cara yang nggak lazim. Telur akan mereka ikat pada sebuah tongkat khusus sperti tongkat pancing.

Loe bakal melihat orang yang seolah-olah sedang memancing, padahal mereka sedang merebus telur di sebuah kawah dengan suhu tinggi. Unik bukan 😀

Tips Berkunjung ke Kawah Sikidang

Tips-Berkunjung-ke-Kawah-Sikidang
Tips Berkunjung ke Kawah Sikidang

Sebelum memtuskan untuk mengunjungi kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng, alangkah baiknya loe simak beberapa tips dari gue yang mungkin bakal berguna buat loe, seperti :

  • Pilih waktu saat hari sedang cerah dan tidak sedang hujan, sehingga vibes yang bisa loe dapetin lebih maksimal
  • Biar lebih enjoy, gua saranin buat loe mengunjungi Kawah Sikidang Dieng saat pagi atau sore hari
  • Kalaupun loe mutusin mengunjungi Kawah Sikidang saat siang, jangan lupa bawa payung atau topi, karena bisa jadi cuacanya bakalan sangat terik
  • Jangan lupa bawa masker, kalau nggak bawa, loe bisa beli di deket pintu masuk kawasan wisata Kawah Sikidang, biasanya ada yang jual perlengkapan masker
  • Selalu jaga kebersihan dan ikuti tata terbib yang ada

Jam Operasional & Lokasi Kawah Sikidang

Kawasan wisata Kawah Sikidang buka setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu, mulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Sedangkan untuk alamat Kawah Sikidang yaitu di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456.

Buat loe yang nggak tau tempatnya, loe bisa ikutin aja peta kawasan wisata kawah Sikidang berikut ini :

Demikianlah review gue tantang Kawah Sikidang Dieng. Semoga informasinya bermanfaat buat para pembacanya. Sampai jumpa lagi di review gue yang selanjutnya.