12 Makanan Tradisional Sunda Yang Simple Untuk Di Buat

Makanan Tradisional Sunda memang terkenal dengan kelezatannya. Apakah loe sudah pernah mencobanya? sayang banget sob kalo loe belum coba.

Faktanya, masakan khas Sunda sudah banyak sekali tersaji di berbagai restoran yang ada di Indonesia. Karena makanan tradisional Sunda memang banyak digemari orang-orang.

Selain karena cita rasanya yang enak, makanan khas Sunda ini juga terkenal simple dan mudah untuk di buat oleh siapa saja.

Oleh karena itu, tim ReviewGue.com kali ini bakal mereview 12 makanan tradisional Sunda yang simple dan mudah di buat. Apa saja makanannya? simak review selengkapnya berikut ini.

Makanan Khas Sunda, Nasi Timbel

Makanan-Tradisional-Sunda-Nasi-Timbel
Nasi Timbel

Masakan Sunda yang simple untuk dibuat yang pertama adalah Nasi Timbel. Masakan khas sunda yang satu ini puunya cita rasa yang unik dan emang khas sunda baget deh.

Makanan sunda yang satu ini bisa loe jumpai di warteg-warteg terdekat di tempat loe. Biasanya Nasi Timbel disajikan dengan daun pisang yang berfungsi sebagai penguat rasa.

Masakan suku Sunda yang satu ini juga bakalan sering loe temui di berbagai acara seperti hajatan, pengajian, dan bahkan juga acara pernikahan dengan adat Sunda.

Sedangkan untuk cara membuat Nasi Timbel sendiri pun cukup simple dan tidak perlu menunggu waktu yang lama.

Makanan Khas Jawa Barat, Nasi Tutug Oncom

Makanan-Khas-Jawa-Barat-Nasi-Tutug-Oncom
Nasi Tutug Oncom

Masakan Sunda yang simple kedua adalah Nasi Tutug Oncom. Menu makanan tradisional Jawa Barat yang satu ini juga banyak di gemari orang-orang terutama di kota Bandung.

Makanan tradisional Sunda yang berasal dari Tasikmalaya ini memang sangat menggugah selera. Biasanya Nasi Tutug Oncom disajikan dengan oncom bakar atau pun oncom goreng.

Selain untuk konsumsi sehari-hari dan acara-acara besar, warga di daerah Jawa Barat biasanya menggunakan Nasi Tutug Oncom kering untuk jualan. Karena selain enak, harganya pun terjangkau.

Untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal, gue saranin loe untuk menyantap makanan Sunda yang satu ini selagi masih hangat, dan jangan lupa tambahkan daun pisang untuk penguat rasa.

Makanan Sunda, Bakakak Hayam

Makanan-Sunda-Bakakak-Hayam
Bakakak Hayam

Rekomendasi ketiga untuk masakan Sunda yang simple adalah Bakakak Hayam. Makanan khas Sunda yang satu ini sih emang juara sih rasanya.

Dari namanya saja “Hayam”, itu sudah terdengar kalau ini memang makanan Sunda Banget. Dan tentunya bisa loe jumpai di acara-acara hajatan orang Sunda.

Bakakak Hayam merupakan sebuah hidangan berupa ayam utuh, yang kemudian dipanggang lalu ditambhakan beberapa bumbu khas Sunda.

Selain itu, loe juga bisa tambahin beberapa lauk pelengkap seperti irisan tomat, irisan timun, sambal, dan daun pisang biar rasanya lebih kuat.

Masakan Sunda, Kupat Tahu

Masakan-Sunda-Kupat-Tahu
Kupat Tahu

Kalau dari tadi kita ngebahas soal masakan khas sunda yang tergolong makanan berat, kayaknya nggak ada salahnya deh kalo sekarang kita bahas tentang jajanan Sunda.

Jajajan khas Sunda yang kali ini mau gue rekomendasiin adalah Kupat Tahu. Makanan Sunda yang satu ini emang enak sih, fix no debat.

Kupat tahu merupakan potongan-potongan tahu yang nantinya bisa loe campur dengan lontong dan toge, dan juga bumbu kacang yang sudah loe haluskan.

Untuk bumbu kacangnya sendiri saran gue, mendingan loe ulek manual aja dari pada loe gunakan blender, karena bakal terasa banget perbedaan rasa antara bumbu ulik dan bumbu hasil blender.

Makanan Tradisional Jawa Barat, Batagor

Makanan-Tradisional-Jawa-Barat-Batagor
Batagor

Masakan tradisional Sunda yang kelima adalah Batagor. Mungkin loe semua udah nggak asing lagi dengan jajanan khas Sunda yang satu ini.

Faktanya, makanan khas Sunda yang satu ini sangat digemari oleh anak-anak, para remaja, dan bahkan juga orang dewasa di daerah Jawa Barat.

Nama Batagor sendiri berasal dari bahan dan cara memasaknya, yaitu bakso tahu goreng, yang kemudian penyebutannya menjadi Batagor.

Jajanan Sunda yang satu ini juga cocok buat loe yang pengen jadiin pengganti nasi, karena bakso, tahu, serta bumbu kacangnya bisa loe kenyang.

Makanan Khas Daerah Jawa Barat, Mie Kocok

Makanan-Khas-Daerah-Jawa-Barat-Mie-Kocok
Mie Kocok

Makanan tradisional Sunda yang kelima adalah Mie Kocok. Mie yang satu ini bukanlah sembarang mie, karena loe bakal ngerasain sensasi lezat yang belum pernah loe coba dari mie-mie yang ada.

Salah satu makanan khas daerah di Jawa Barat ini bisa loe temukan hampir di setiap sudut kota Bandung. Loe nggak bakal kesusahan untuk menemukan mie yang satu ini.

Berbahan dasar mie kuning yang sempurna saat dipadu dengan kaldu sapi. Belum lagi bakso, irisan kikil, daun seledri, serta taburan bawang goreng, bikin makanan daerah Sunda ini makin terasa enaknya.

Sedangkan untuk namanya sendiri pun sudah menggambarkan cara membuatnya, yaitu dengan mengocok mie yang dimasukan kedalam rebusan air, sehingga mie tersebut mengembang sempurna.

Makanan Jawa Barat, Soto Bandung

Makanan-Jawa-Barat-Soto-Bandung
Soto Bandung

Selanjutnya ada makanan Jawa barat yang tidak kalah enaknya, yaitu Soto Bandung. Sama seperti namanya, soto yang satu ini juga bisa loe dapetin dengan mudah di kota Bandung.

Jika loe berkunjung ke kota Bandung, maka loe bakal sering menjumpai makanan khas Sunda yang satu ini, karena hampir di tiap sudut kota Bandung terdapat penjual Soto Bandung.

Makanan Sunda yang satu ini memang cukup unik, selain terbuat dari tetelah daging sapi, Soto Bandung juga menggunakan tambahan seperti kacang kedelai, lobak, sedikit daun seledri.

Biasanya setelah dimasak, Soto Bandung harus loe diamkan beberapa waktu. Hal ini bertujuan agar bumbu kaldu sapi yang ada di dalamnya, dapat meresap sempurna ke dalam daging.

Makanan Khas Suku Sunda, Gepuk

Makanan-Khas-Suku-Sunda-Gepuk
Gepuk

Rekomendasi masakan khas Sunda yang berikutnya adalah Gepuk. Ini juga jadi salah satu menu masakan Sunda yang wajib loe coba.

Gepuk merukapan salah satu menu makanan asli Sunda yang berasal dari irisan daging sapi, yang kemudian digoreng dengan berbagai bumbu khas Sunda pula.

Saat proses menggorengnya, makanan khas suku Sunda yang satu ini biasanya menggunakan berbagai macam bumbu yang nantinya bersamaan dengan kelapa.

Loe bakal ngerasain sensasi tekstur daging yang lembut dan gurih, saat pertama kali memakannya. Siapa aja pasti bakalan jatuh cinta dengan hidangan khas Sunda yang satu ini.

Menu Masakan Sunda, Empal Gentong

Menu-Masakan-Sunda-Empal-Gentong
Empal Gentong

Sejujurnya, menu makanan Sunda yang bakal kita bahas kali ini adalah menu favorit nyokap gua. Nama menu masakan tradisional Sunda tersebut adalah Empal Gentong.

Seperti yang sudah gue bahas sebelumnya, nama dari sebuah menu makanan tradisional Sunda, bisanya sudah menggambarkan tentang bagaimana cara memasak makanan tersebut.

Begitu pula dengan makanan Sunda yang satu ini. Empal Gentong merupakan sebuah hidangan yang terdiri dari sebuah daging yang akan loe masak di dalam sebuah gentong.

Dan hidangan khas suku Sunda yang satu ini biasanya paling enak jika loe makan bersama dengan hidangan pelengkap seperti lontong dan kucai, yang berpadu sempurna dengan kuah santan.

Makanan Daerah Sunda, Lotek

Makanan-Daerah-Sunda-Lotek
Lotek

Acara liburan loe ke Bandung bakal terasa kurang lengkap, jika loe belum mencoba makanan khas Sunda yang satu ini. Nama makanan khas Sunda tersebut adalah Lotek.

Lotek dan Karedok merupakan salah satu jenis makanan Sunda yang hampir mirip, karena banyak menggunakan sayuran. Jadi cocok buat loe jadiin pengganti nasi.

Cita rasa Lotek bakal semakin enak lagi, karena terdapat campuran berupa bumbu kacang yang ada di makanan tersebut.

Perbedaannya dengan Karedok pun hanya terletak dari cara menyajikannya saja. Lotek merupakan sayuran yang sudah di rebus, sedangkan Karedok tidak perlu di rebus terlebih dulu.

Makanan Khas Daerah Sunda, Tahu Gejrot

Makanan-Khas-Daerah-Sunda-Tahu-Gejrot
Tahu Gejrot

Tidak hanya makanan berat saja yang akan kita bahas, soalnya kita juga bakal membahas tentang salah satu jajanan Sunda yang enak banget, namanya adalah Tahu Gejrot.

Jajanan khas Sunda yang satu ini memang banyak terdapat di kota Bandung. Namun faktanya, jajanan khas Sunda yang satu bukanlah berasal dari Bandung, melainkan dari Cirebon.

Tahu Gejrot Sendiri terkenal dengan rasanya yang gurih, karena berasal dari Tahu Sumedang yang memang sudah terbukti kualitas dan rasanya.

Sedangkan untuk saosnya sendiri terbuat dari racikan bumbu khas Jawa Barat seperi cabe rawit, kencur, bawang merah, dan bawang putih.

Kue Khas Sunda, Serabi

Kue-Khas-Sunda-Serabi
Serabi

Dan untuk rekomendasi makanan tradisional Sunda yang terakhir adalah Kue Serabi. Mungkin loe udah sering denger mengenai jajanan khas Sunda yang satu ini.

Kue khas Sunda yang satu ini bakalan sering loe temuin jika berkunjung ke kota Bandung. Karena selain enak, kue ini juga menjadi salah satu jajanan favorit warga Bandung.

Kue Serabi sendiri terbuat dari tepung beras yang kemudian dibakar menggunakan tunggu yang terbuat dari tanah liat.

Untuk menambah varian rasanya, loe bisa tambahin berbagai toping di atasnya seperti telur ayam, kornet, keju, hingga selai strawbery.

Demikianlah rekomendasi 12 makanan tradisional Sunda yang simpel. Semoga informasi yang ada di dalamnya bermanfaat bagi para pembacanya. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel menarik lainnya dari Reviewgue.com.